Editor Okti, Penulis Jefferly, dan moderator.

Siapa sih yang tidak kenal Atta Halilintar? Menurut berita yang dilansir Kompas, Atta adalah Youtuber nomor 1 di Indonesia dan masuk dalam 10 Youtuber berpenghasilan terbesar di dunia ini, memiliki penghasilan Rp 700 juta/hari, Rp 22 Miliar per tahun. Wow, dengan jumlah subcriber mencapai 19 jutaan, ini sebuah fenomena fantastis. Masyarakat terhenyak dengan berita tersebut dan tak habis pikir bagaimana bisa hanya dengan menjadi youtuber penghasilan bisa mencapai miliaran?

Jefferly Helianthusonfri sebagai penulis buku “Yuk Jadi Youtuber” berbagi ilmu pada Sabtu, 12 Oktober 2019 di Gramedia Mall Kelapa Gading. Sebagai seorang praktisi digital marketing beliau sudah berhasil menulis 40 buku. Salah satu founder Kelingking.id ini mengatakan bahwa ” awal saya terjun menjadi youtube bermula dari hobi saya mengupload video ke youtube . Buku ini intinya membahas step by step untuk memulai menjadi youtuber. Youtube bilang bahwa mereka memiliki 1 milyar lebih pengguna dan menurut Alexa Rank, di Indonesia youtube masuk dalam 5 terbesar situs yang paling sering dikunjungi. Tapi menjadi youtuber itu butuh proses dan tidak semudah kelihatannya. Banyak yang sudah memiliki channel youtube tapi masih sepi penonton. Ya itu memang proses yang harus dilalui”

Siapa sih Youtuber itu?

Menurut kamus Oxforddictionaries, youtuber adalah seseorang yang memproduksi dan mengunggah video ke kanal berbagi video, yaitu Youtube. Motivasi orang menjadi Youtuber berbeda-beda :

  • Ekspresi diri ; ada yang ingin mengabarkan pada publik tentang kegiatannya sehari-hari, mulai dari yang serius sampai yang konyol semua ada di youtube
  • Menyampaikan Opini ; banyak isu-isu di masyarakat yang perlu mendapat perhatian kita. Daripada berteriak di jalan dengan demo atau menulis di media sosial tak karuan, sekarang video menjadi alat ampuh untuk publikasi, loh.
  • Berbagi Informasi ; suka baca buku? Suka jalan-jalan? Suka icip-icip makanan? Daripada sekedar foto atau update status, sekarang youtube menjadi platform pilihan karena video yang diunggah lebih terasa experience-nya dibandingkan hanya sekedar foto dan tulisan. Penonton dan pembaca akan terbawa suasana dan seolah-olah merasa berada di tempat dimana pengunggah berada.
  • Alat promosi ; karena video menampilkan ekspresi yang dapat langsung ditangkap dan dirasakan penonton, maka youtube menjadi pilihan lain untuk promosi. Bisnis atau jasa yang ditawarkan akan lebih luas jangkauannya.
Sesi tanya jawab

Bagaimana Menjadi Youtuber

Atta Halilintar membangun karirnya sebagai Youtuber tidak hanya setahun dua tahun, loh. Butuh waktu yang panjang dan banyak sekali yang harus dia pelajari dan lakukan sebelum menjadi terkenal seperti sekarang. Jeff mengatakan bahwa ada beberapa hal yang harus dilakukan jika ingin terjun ke dunia youtube :

I. Apa yang mau ditawarkan? — Menjadi youtuber itu perlu persiapan matang, loh. Youtube berisi jutaan akun, nah untuk menjaring pembaca dan konten dilirik, syukur-syukur memiliki follower setia. Nah sudah tentu untuk mencapai itu perlu dibuat konsep apa yang mau ditampilkan dalam video. Mau mengambil tema apa? Siapa segmen penontonnya? Bagaimana karakter akun kita, serius, humoris, santai? Yang kita tawarkan tentang hobi, bisnis, keahlian kita? Sebaiknya lihat referensi youtuber lain dan mulai membuat coret-coretan terlebih dahulu untuk menemukan konsep konten youtubenya untuk memudahkan ke depannya.

2. Buat rencana konten — artinya kita harus membuat gambaran kira-kira apa isi kontennya, berapa kali per minggu video di posting, berapa lama durasi per video, bagaimana kemasannya dan ciri khas apa yang ingin kita tampilkan sebagai pembeda dengan youtuber lain?

3. Mulai saja, jangan terlalu banyak berfikir — apapun konsepnya segerakan action. Jangan terlalu banyak berfikir karena ingin sempurna. Karena kalau terlalu banyak berfikir dan menuntut kesempurnaan, video tidak akan pernah jadi-jadi. Atta Halilintar bisa terkenal seperti sekarang karena banyak kesalahan dan kekurangan dalam kontennya yang terus diperbaiki hingga akhirnya sempurna. Selama proses belajar pasti kita akan menemukan ide-ide baru yang berguna untuk memperbaiki konten selanjutnya.

Di dalam buku ” Yuk Jadi Youtuber” banyak dibahas tentang tools untuk menemukan ide konten, diantaranya SocialBlade.com, Statfire.com, GoogleTrends, Quora. Masuk dalam pembahasan cara membuat video akan ditemukan penjelasan bagaimana membuat video, tips mengambil gambar, mendapatkan stok video dan editing. Bagaimana mengembangkan dan menghasilkan uang dari channel youtube, menjadi pokok bahasan inti dan ditutup dengan pembahasan Youtube Analytic.

buku kaya gizi tentang youtuber

Niat Jadi Youtuber

“…dalam sejarahnya saya menemukan titik kayaknya arah era digital itu sangat luar biasa. seperti munculnya Atta, Ria Ricis, bahkan anak – anak saya juga seneng nonton youtube. saya mencoba melihat posisi ke arah mana dunia ini akan bergerak. kayaknya kita bukan masanya teriak-teriak seperti itu nggak ada tampang banget. Seperti yang Mas Jeff bilang tadi bahwa kita harus menemukan titik Unique Point kita dimana. Saya dan istri juga termasuk orang yang berfikirnya selalu antimainstream. Sekarang kan eranya era sharing, saya ingin lebih kepada ingin sharing bagaimana dunia dalam kacamata kita agar semakin banyak orang yang tahu” Riza Hilmy, seorang peserta bedah buku, bapak sekaligus pengusaha di bidang coating.

Penulis dan peserta bedah buku

Mendengar penuturan Riza tersebut setidaknya mengingatkan kembali bahwa sebuah platform media sosial bisa menjadi alat penyebaran informasi yang positif tergantung bagaimana pemilik akun me-manage-nya. Dan Youtube bisa menjadi alat untuk mengembangkan kemampuan sekaligus jati diri. Sebaiknya ikrarkan dalam hati bahwa ketika membuat akun youtube itu murni untuk kebaikan, tidak untuk menyebarkan konten pornografi, SARA, atau hal-hal yang tidak mengandung kebaikan untuk orang banyak. Ingat selalu bahwa apa yang kita posting akan diminta pertanggungjawabannya, baik dari sisi agama, sosial maupun hukum. Dengan niat menjadi youtuber yang baik, yakinlah bahwa rezeki dan peluang justru akan datang dengan cara yang tidak disangka-sangka. Seleksi alam akan bekerja dengan memfilter siapa saja yang akan menjadi subcriber setia dan siapa saja dan brand apa yang akhirnya akan bekerjasama dengan kita. Jadi, jangan ragu jadi youtuber karena setiap orang punya kesempata yang sama untuk jadi Atta Halilintar selanjutnya. oh ya jangan lupa infokan buku ini ya agar lebih banyak orang yang mendapat informasi panduan menjadi youtuber. Salam Literasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here