Kenal dengan karakter komik lokal Si Juki, kan? Karakter fiksi karya Faza Ibnu Ubaidillah atau yang lebih dikenal dengan Faza Meonk ini hadir dalam bentuk baru. Setelah lahir dalam bentuk komik, game dan animasi, Si Juki akhirnya berkolaborasi dengan Kafe Cofi dalam bentuk tematik Cofi x SI JUKI.  

Faza Meonk, Bagas Syumanjaya, Linda Krtistinawati

Faza Meonk mengatakan bahwa komik lokal seperti Si Juki hadir dengan karakter lokal Indonesia sudah tentu sangat menginspirasi bagi pelaku usaha. Selain bisa menikmati menu Cofi yang sudah ada diharapkan penggemar Si Juki makin bersemangat datang ke Cofi untuk menikmati menu khusus Si Juki seperti Kopi Kaung Berani Kenyang, yaitu kopi dengan topping krim dan biskuit marie. Bahkan keunggulan cofi tematik Si Juki ini karena kopinya di mix dengan regal. Ada paket Dompet Tebal dan Dompet Tipis dimana pembeli dapat memilih menu dengan harga sesuai isi dompet. Jika tanggal muda, bolehlah pilih menu dengan harga wah. Kalau tanggal tua, Cofi Si Juki sudah mengantisipasi dengan menyediakan menu dengan harga super terjangkau dan menyediakan merchandise karakter Si Juki yang bisa dibeli dengan harga terjangkau. Kreatif ya.

Menu Si Juki di Cofi Kafe

Lain halnya dengan Linda Kristinawati, Manajer Cofi  yang mengatakan bahwa,” Si Juki sudah ada beberapa seri yang dijual, filmnya pun baru di launching makanya kami tertarik banget untuk bikin Cofi Tematik bertema Si Juki. Persaingan bisnis di coffe shop sangat ketat, maka dari itu kami harus bisa memberikan hal yang berbeda dan baru. Kami membuat kafe tematik selama 3 bulan kedepan dengan tema Cofi x Si Juki” Dalam pengembangannya kalau ada ide ide baru kemungkinan akan di eksplore lagi dengan konsep menu paketan yang murah, meriah dan kenyang.

Kopi Kaung Kenyang dengan topping roti marie

Si Juki saat ini sudah memiliki 8 judul buku. Bagas Syumanjaya dari Elexmedia Komputindo mentaakan bahwa Si Juki hadir berkolaborasi dengan berbagai pihak. Salah satunya dengan pemerintah Korea, bersama rekan dari Thailand yang sudah berhasil menerbitkan satu buku. Si Juki sendiri sudah melanglang buana untuk buku terbarunya ke Labuan Bajo, Belitung. Nah, untuk komik terbitan terbaru di tahun 2020 nanti Si Juki hadir pada terbitan pertama awal tahun dengan tema jalan-jalan ke Bromo, tengger dan Semeru. Tepatnya Elexmedia Komputindo akan mengembangkan 10 destinasi wisata, salah satunya Lombok dan Taman Nasional Gunung Rinjani. Karakter Si Juki hadir denngan tema pariwisata tak lain karena ingin mencoba membantu pemerintah mengenalkan pariwisata Indonesia, baik ke dalam maupun keluar negeri. Jadi bukan hanya tema kuliner saja namun karakter Si Juki pun hadir dengan tema pariwisata.  Mengingat bahwa Si Juki sudah lama bekerjasama dengan Elexmedia Komputindo maka tahun 2020 dalam rangka ulang tahunnya yang ke-35 Elexmedia dan Si Juki akan menghadirkan acara spesial. Nah, loh apa ya acaranya, jadi penasaran, kan?

Menu Si Juki

Ide timbulnya kafe tematik kolaborasi COFI x SI JUKI ini berawal dari prakarsa Elex Media sebagai penerbit yang menerbitkan Si Juki, Pionicon sebagai perusahaan pemegang lisensi Si Juki dan PT. Gerai Adicipta Internasional sebagai pemilik merek dagang COFI.  Ke depannya Gramedia tidak menutup kemungkinan bekerjasama dengan kafe-kafe di daerah dan menghadirkan karakter lokal lainnya di setiap gerai toko buku Gramedia. Karena itu PT. Gerai Adicipta Internasional berharap model kerjasama kolaborasi IP ( Intellectual property) ini bisa berkembang di gerai dan daerah lainnya sehingga dapat menumbuhkan industri kreatif dan UKM-UKM.

Tentang Cofi Kafe

COFI x SI JUKI

Cofi adalah lini bisnis baru dari Group of Retail & Publishing (GoRP) Kompas Gramedia di bidang kuliner yang membidik segmen anak muda hingga dewasa.  Pertama kali dibuka di Gramedia World Palembang pada 27 Oktober 2017 dan hingga saat ini COFI sudah bisa dijumpai di Gramedia Matraman, Gramedia World Palembang, Gramedia World Karawang, dan Gedung Kompas Gramedia Palmerah Barat. Tahun depan rencanaya Cofi baru akan dibuka di Hotel Indonesia.

Cofi sendiri ada dibawah naungan PT. Gerai Adicipta Internasional sebagai pemegang lisensinya. Awalnya brand yang muncul pertama kali adalah Cozyfield dengan target market kalangan menengah ke atas dimana harga makanannya ada di kisaran 50k. Adapun pertama kali Cozyfield dibuka di Gramedia Bintaro, PIM dan BSD.

Ketika membuka gerai di toko buku Gramedia Matramandan Karawang dengan konsep yang sama ternyata pasar kurang merespon dikarenakan harganya. Maka perusahaan berinisiatif melahirkan  brand baru yaitu COFI untuk menyasar target kalangan menengah ke bawah. Saat ini Gramedia memiliki 7 gerai kafe, yaitu :

  1. Konsep COFI  x SI JUKI – Matraman, Palmerah dan Karawang
  2. Konsep COFI asli – Gramedia Palembang
  3. Konsep COZYFIELD ; Gramedia BSD, PIM dan Bintaro

Cofi Kafe sendiri menempati sudut di toko buku Gramedia dengan berbagai pertimbangan :

  1. Agar mudah di akses karena di setiap lantai terdapat gerai makanan dan minuman, sehingga ketika orang lelah memilih dan membeli buku mereka dapat langsung menikmati hidangan tanpa harus naik turun lantai lainnya.
  2. Segmen untuk keluarga dengan harga terjangkau dan suasana kafe yang kekeluargaan.
  3. Masyarakat Indonesia rata-rata suka makan bersama keluarga. Maka dari itu Cofi hadir menyuguhkan makanan untuk nutrisi tubuh dan buku untuk nutrisi jiwa dan otak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here