Dulu kita pasti bingung ya kalau mau cari ruang publik yang nyaman dan memiliki akses wifi. Apalagi buat mahasiswa perantauan, uang pas-pasan, kalau keseringan ke kafe bisa jebol kantong sebelum sampai akhir bulan..hehehe. Bagi yang memiliki akses internet di rumah, pasti tidak bingung, terus bagaimana dong dengan para freelance yang mengandalkan pendapatan berdasarkan proyek dan kecepatan wifi untuk bekerja?

Ahhh…sekarang mah nggak usah bingung lagi. Kan ada Perpustakaan Nasional RI di Jl. Medan Merdeka Selatan No.11 yang sudah memiliki gedung 24 lantai. Setiap lantai terdapat meja dan kursi untuk duduk dan mengetik. Akses wifi cepat dan menjangkau setiap lantai dengan satu id dan password.

Selain memiliki fasilitas gedung bagus dan WiFi kencang, Perpusnas juga menyediakan Ruang Baca Mandiri sebanyak 8 kamar. Selain untuk kepentingan pemustaka yang ingin mengakses layanan buku kuno, ruangan ini bisa dimanfaatkan untuk membaca dan menulis, tanpa harus satu ruangan dengan pemustaka lainnya.

Syaratnya :

1. Punya Kartu Tanda Anggota Perpusnas. Fungsinya kartu ini nanti akan ditukarkan dengan kunci ruangan. Tiap kamar ada kuncinya sehingga ketika terpotong waktu sholat dan makan siang, semua barang bawaan tidak perlu dibawa turun, cukup ditinggal, kunci kamar, beres deh.

2. Ruangan hanya untuk satu orang, tidak boleh lebih. Jika lebih dari satu bisa gunakan meja panjang yang ada di sebelah ruang baca mandiri (lantai yang sama tapi tidak berkamar ya).

3. Silakan bawa minum dan cemilan asal tidak membawa koleksi buku langka dan ruangan dijaga kebersihannya. Tapi jika ke kamar sambil membawa koleksi buku langka, minuman dan cemilan dilarang dibawa karena dikhawatirkan akan mengotori dan merusak koleksi.

4. Dibawah meja ada sisi untuk menyimpan tas atau jika hanya membawa buku dan peralatan ringan lainnya, bisa diletakkan di rak atas.

Silakan langsung ke Lantai 14 Perpustakaan Nasional Jl. Medan Merdeka Selatan No.11 Jakarta Pusat ya, disana ada Pustakawan Pak Anies dan Bu Hikmah yang siap membantu. #SalamLiterasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here